Sabtu, 21 Januari 2012

Laptop Layar Mati

Laptop Layar Gelap atau Mati

 

Ingin Mendapatkan Berbagai Macam Tutorial Terlengkap Full Versi B. Indonesia
Silahkan Klik Disini 



Penyebab Laptop Layar Gelap atau Mati :

1. VGA chipset
2. Kabel flexibel
3. Inverter /plyback di televisi
4. LCD

Sehingga kalau gelap atau mati ada beberapa kemungkinan , kita bisa melacak dari vga dahulu. Ciri khas nya adalah coba hubungkan vga out dengan monitor atau LCD external bila gelap ada kemungkinan vga chipset yg rusak.

Sedangkan bila menyala , ada kemungkinan lcd, inverter, atau kabel flexibel. Untuk pengetesan harus menggunakan yang identik atau dikanibalkan dengan yg sama typenya. Seperti inverter, lcd ataupun flexibel.

Apabila kita perhatikan ada gambar tipis atau seperti banyangan di LCD, maka yang kemungkinan rusak adalah lampu LCD (CCFL) , inverter atau flexibelnya. Sehingga kondisi gelap atau mati belum tentu harus ganti LCD.

 

Memperbaiki Layar Laptop Gelap Namun Masih Terlihat Samar-samar

Perbedaanya untuk blog yang baru ini lebih fokus pada perbaikan laptop, terutama bagi agan-agan yang pengen belajar perbaikan laptop.

Oke..,untuk saat ini ane akan membahas masalah layar LCD laptop yang gak bisa tampil alias gelap pada saat dinyalakan. Bagi agan-agan jangan keburu kawatir dulu kalau dapet masalah seperti ini. Sebelum ane membahas langsung pada permasalahanya ane bicara indikator lebih dulu.

Indikator :
1. Layar gelap tapi masih bisa dilihat samar2
2. Indikator power nyala
3. Terdengar suara masuk windows (jika kondisi sound tidak mute dan volume maksimal)
4. Indikator HDD masih berkedip dinamis tidak stagnan atau stabil
5. Layar LCD digerak-gerakan kebelakang dan kedepan masih tetap gelap

Analisa :
1. Neon LCD mati
2. Inverter rusak atau kabel output input putus/jack longgar



Tindakan :
1. Bongkar layar LCD, dengan membuka karet berbentuk bundar di sisi-sisi frame LCD.
2. Periksa kabel input output  inverter menggunakan Avometer
3. Periksa inverter apakah secara fisik masih normal atau ada bekas kebakar. Untuk memeriksa apakah inverter masih normal atau tidak gunakan inverter dengan spesifikasi yang sama atau lebih mudahnya memiliki susunan komponen yang sama. kalau LCD bisa nyala maka bisa dipastikan inverternya yang rusak.
4. Jika layar masih gelap, maka bisa dipastikan neon LCD mati. Dipasaran sangat sulit mencari neon LCD dijual, bahkan toko elektro terlengkappun kadang juga tidak menyediakan. Maka yang harus dilakukan adalah mencari LCD yang rusak untuk diambil neonnya.Posisi neon berada pada frame LCD, biasanya terdapat pada sisi samping layar LCD yang terbungkus oleh plat/frame LCD.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar